Obat Kanker Usus

Kanker usus besar itu merupakan salah satu macam penyakit kanker yang kerap di alami oleh kaum pria ataupun wanita yang sudah berusia 50 tahun keatas. Pada pria, kanker usus besar ini menduduki urutan nomor 3 sesudah kanker prostat dan paru-paru. Sedangkan pada wanita kanker usus besar ini juga menempati urutan nomor 3 sesudah obat kanker payudara dan kanker paru paru. Sebetulnya, kanker usus besar itu ialah tumbuhnya sebuah sel kanker ganas dibagian dalam permukaan usus besar. Yang walaupun dari sebagian besar kanker usus besar ini bermula dari pertumbuhan sel adenoma (sel non ganas).

Pada tahap stadium awal, adenoma (sel non-ganas) itu bisa di angkat dengan gampang sebab cuma berbentuk polip (sel yang tumbuh secara drastis). Namun, sayangnya ketika masih tahap awal, kadang-kadang adenoma (sel non ganas) itu tidak menunjukkan gejala apa-apa sehingga tidak dapat dideteksi dalam waktu yang sebentar.

Banyak sekali penyebab kanker usus ini dan bisa di sebab kan oleh beberapa faktor di antaranya:

  1. Faktor Makanan

Makanan tinggi lemak dan kolesterol (terutama dari sumber hewan ) dapat menyebabkan kanker. Makan makanan rendah serat juga telah di kaitkan dengan peninggkatan resiko kanker usus.

  1. Faktor Lingkungan

Penelitian terhadapt penyakit kanker usus telah menujukan bahwa linggkungan dapat memainkan perasaan besar dalam perkembanganya kanker usus. Dimana anda tinggal, siapa di sekitar anda, apa pekerjaan anda, teman teman sekolah anda, semuanya bisa mengpengaruhi resiko terkena kanker usus.

  1. Faktor Usia

Faktor usia adalah faktor utama yang terjadinya penyakit kanker usus karena kebanyakan penderita kanker usus sering di temui utama nya pada pria dan wanita berusia 50 tahun lebih jadi faktor usia sangat menunjang terjadi nya penyakit kanker usus.

  1. Alkohol

Penelitian telah menunjukan bahwa alkohol meminum alkohol bisa meningkatkan resiko terkena penyakit kanker usus maka sebaik nya hindari makanan dan minuman yang mengandung alkohol.

Stadium atau tingkat keparahan kanker akan menentukan jenis pengobatan apa yang akan dilakukan oleh dokter. Berikut ini adalah tiga jenis pengobatan utama pada kasus kanker usus besar.

  1. Kemoterapi

Kemoterapi merupakan cara untuk membunuh sel-sel kanker melalui pemberian sejumlah obat-obatan. Obat-obatan ini dapat berbentuk tablet yang diminum, infus, atau kombinasi keduanya. Beberapa contoh obat kanker usus besar adalah cetuximab dan bevacizumab.

Pada kasus kanker usus besar, kemoterapi biasanya dilakukan sebelum operasi dengan tujuan untuk menyusutkan tumor, meredakan gejala yang dirasakan pasien, atau memperlambat penyebaran kanker. Kemoterapi juga bisa diberikan pasca operasi untuk mencegah kanker muncul kembali.

  1. Operasi

Jenis operasi penanganan kanker usus besar dilakukan tergantung dari tingkat keparahan penyebaran kanker itu sendiri. Jika kanker yang terdiagnosis masih dalam tahap awal, biasanya operasi bisa dilakukan lewat kolonoskopi untuk menghilangkan pertumbuhan kanker. Jika tidak bisa melalui kolonoskopi, maka bisa diangkat melalui operasi ‘lubang kunci’ atau laparoskopi.

Jenis prosedur kedua dinamakan operasi kolostomi. Ini dilakukan jika kanker telah menyebar melalui dinding-dinding usus. Melalui kolostomi, bagian usus besar yang telah digerogoti oleh kanker akan diangkat. Selain itu, kelenjar getah bening di sekitarnya juga akan di angkat.

  1. Radioterapi

Tujuan radioterapi sama seperti kemoterapi, yaitu untuk membunuh sel-sel kanker. Namun pada radioterapi, metode pengobatan dilakukan dengan menggunakan pancaran radiasi.

Sebelum operasi, radioterapi bisa dilakukan untuk memperkecil ukuran tumor atau meringankan gejala apabila kanker telah menyebar ke bagian-bagian tubuh yang lain. Sedangkan radioterapi yang dilakukan pascaoperasi bertujuan untuk mencegah kanker supaya tidak kembali.

Ada dua jenis radioterapi, di antaranya:

– Radioterapi eksternal. Pada metode ini sel-sel kanker dihancurkan dengan memancarkan gelombang radiasi tingkat tinggi ke kanker pasien. Biasanya terapi ini dilakukan sebanyak lima hari dalam seminggu, selama satu hingga lima minggu. Tiap sesi pengobatan akan menghabiskan waktu sekitar sepuluh hingga lima belas menit.

– Radioterapi internal. Pada metode ini kanker usus akan disusutkan dengan menggunakan selang radioaktif yang diletakkan di sebelah kanker. Radioterapi internal biasanya dilakukan sebanyak satu sesi sebelum operasi.